Berekreasi Sambil Belajar di PPIPTEK

Selasa, 04 Desember 20120 komentar


Senin, 03 Desember 2012 kemarin, saya bersama teman-teman kampus mengadakan kunjungan ke PPIPTEK yang lokasinya terletak di dalam Taman Mini Indonesia Indah (TMII). PPIPTEK, Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi merupakan tempat tujuan rekreasi sekaligus belajar yang sangat cocok sekali untuk para pelajar, guru, atau siapa saja yang ingin melihat peragaan-peragaan teknologi. PPIPTEK ternyata bukan milik TMII walaupun terletak di dalam TMII, PPIPTEK merupakan lembaga di bawah Kementrian Riset dan Teknologi.
Di sana saya melihat banyak alat-alat yang menunjang pembelajaran bagi siswa. Siswa yang biasanya hanya di suguhi gambar-gambar percobaan atau alat ketika belajar di kelas akan melihat wujud alat-alat tersebut secara riil di sana. Dengan berkunjung ke PPIPTEK siswa dapat belajar secara langsung dan hasilnya siswa akan lebih memahami prinsip kerja suatu alat atau percobaan yang diciptakan oleh para ilmuwan pada zamannya.
Bahkan saya juga terkagum-kagum, ada saja ide untuk membuat suatu alat peraga dari suatu kasus dalam pembelajaran fisika. Dan saya yakin jika siswa akan sangat antusias untuk mencoba satu-satu alat peraga yang ada ketika berada di sana. Pada akhirnya siswa akan mengatakan fisika itu asyik, unik, dan menarik. Berbeda jauh dengan fisika yang mereka dapat di kelas yang penuh dengan rumus. Menurut saya, PPIPTEK adalah tempat pembelajaran kontekstual bagi siswa.
PPIPTEK menyuguhkan alat peraga yang sangat lengkap sebagai media pembelajaran. Dari alat-alat zaman fisika klasik hingga alat-alat zaman fisika modern. Ada juga alat peraga yang berupa game atau permainan menarik, tentunya ini akan membuat belajar lebih menyenangkan. Dan di sana saya melihat ada wahana baru yang sedang dibangun. Kata kepala direktur pengembangan PPIPTEK, wahana baru tersebut adalah Jurassic Park atau Taman Jurasik yang berada tepat di depan pintu masuk. Jika sudah jadi nanti, pengunjung akan disapa oleh Dinosaurus saat memasuki gedung PPIPTEK.
Di PPIPTEK, pengunjung juga bisa menyaksikan peluncuran roket air. Ada kakak pemandu yang tergabung dalam komunitas Tim Roket Air Indonesia yang akan memperagakan dan memandu para pengunjung yang ingin mencoba meluncurkannya.
Kurang lebih 6 jam saya berada di PPIPTEK. Dan saya belum merasa puas sepulang dari sana, masih banyak alat peraga yang belum saya coba. Tentunya saya akan berkunjung ke sana lagi, pasti. Jika anda tertarik dengan cerita saya, AYO BERKUNJUNG KE PPIPTEK!
Agar anda lebih tertarik, berikut saya sajikan beberapa foto alat peraga dan game yang ada di sana:
























Semoga anda jadi tertarik untuk mengunjungi PPIPTEK.






Artikel Terkait:

Share this article :

Facebook Comment

Thanks For Your Comments, Don't forget to follow me and I will follow you!

Poskan Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Copyright © 2009-2013. AyoBukaSaja.com - Some Rights Reserved
Proudly powered by Blogger