Cara Bikin Grup Belajar dengan Memanfaatkan Grup Facebook

Tanpa disadari, akhir-akhir ini dunia komunikasi dan informasi banyak atau sedikit memberikan kesibukan baru dalam kehidupan kita. Inovasi-inovasi baru dari kemajuan teknologi ini telah menyeret kita yang mau ataupun tidak mau, siap maupun tidak siap harus mengikuti perkembangannya. Oleh karena itu, perkembangan teknologi ini memberikan efek yang berbeda-beda pada setiap individu dalam mengikuti perkembangannya baik itu baik, buruk atau biasa-biasa saja, tergantung kesiapan dan perspektif pribadi masing-masing. 
Salah satu kemajuan pesat dalam dunia informasi adalah munculnya jejaring sosial yang mengintegrasikan masyarakat di seluruh dunia dalam berbagai komunikasi dan kepentingan. Sebut saja Friendster, Twitter, Flicker, Mig33, mXit, Facebook, dan masih banyak lagi jejaring sosial lainnya. Dari sekian banyak jejaring sosial yang ada, facebook merupakan jejaring sosial yang paling popular dan diminati oleh kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan fitur-fiturnya lengkap dan kemudahan bagi penggunanya. 
Namun, dengan adanya facebook, banyak pelajar yang waktunya tersita untuk online di facebook tanpa memikirkan bagaimana dengan PR atau tugas sekolahnya. Untuk mengantisipasi hal itu, perlu sebuah wadah untuk mencegah ketidakmanfaatan siswa online di facebook yaitu dengan membuat sebuah grup belajar di facebook.

Group adalah sebuah fasilitas yang dimiliki facebook untuk para penggunanya (user) dalam membuat suatu komunitas atau kumpulan orang yang mempunyai hobi, aktivitas, atau berbagai persamaan lainnya. Dengan membuat group kita dapat membuat sebuah komunitas yang dapat berbagi informasi ataupun melakukan kegiatan lainnya.
A. Cara mebuat Grup Facebook:
 
 
  1. Pada halaman home facebook klik buat group/create a new group (gambar atas). 
  2. Anda akan ditampilkan sebuah kotak (gambar bawah):
  3.  Silakan isi:
  • Nama Grup/Group Namedengan nama yang diinginkan
  • Anggota/member adalah orang-orang yang akan anda undang menjadi bagian dalam group tersebut
  • Privasi/privacy grup facebook ada 3 jenis yaitu terbuka (open), tertutup (closed), dan rahasia (secret)
Perbedaan dari 3 privasi grup adalah sebagai berikut :
  • Terbuka(open) = anggota dan isi dari konten group terbuka untuk umum dalam arti bisa dilihat semua orang termasuk non anggota
  • Tertutup (closed) = anggota untuk umum dan konten hanya untuk anggota 
  • Rahasia (secret) = anggota dan isi konten tidak untuk umum.   

4. Tambahkan Anggota (untuk menambah anggota lebih banyak lagi dapat dilakukan melalui dinding grup ini bila sudah jadi) 
5. terakhir silakan tekan buat (create).

 

B.    Kiat-kiat Memanfaatkan Grup Facebook sebagai Sarana Belajar Kelompok
Dalam pemanfaatan grup facebook sebagai sarana belajar diperlukan kiat-kiat sukses agar grup yang anda bentuk dapat berjalan dengan baik. Kiat-kiat itu diantaranya adalah:
1.      Sebelum membuat sebuah grup, koordinasilah dengan beberapa teman anda tentang grup yang akan anda buat.
2.      Buatlah grup yang spesifik dalam grup belajar, misalnya grup belajar fisika, grup belajar matematika, sesuai mata pelajaran atau lebih spesifik lagi.
3.      Disarankan privasi grup adalah terbuka, sehingga siapa saja bisa gabung dalam grup belajar ini.
4.      Koordinasikan pada guru atau dosen pengampu mapel tersebut, sehingga setidaknya dalam setiap grup ada satu guru atau dosen sebagai mentor.
5.      Anda bisa membuat kesepakatan dengan seluruh member grup untuk belajar secara online bareng-bareng pada hari dan jam tertentu.
6.      Jika salah seorang member ternyata tidak bisa online untuk belajar bareng, member tersebut masih bisa menyumbangkan ide atau menanyakan permasalahan yang dimilikinya pada jam lain.
7.      Konsisten untuk selalu mengepos hal-hal yang berkaitan dengan tema grup pada dinding grup, bukan menyalahgunakan grup untuk keperluan lain.
8.      Soal-soal yang sudah di bahas bersama usahakan jangan dihapus, karena itu bisa dibutuhkan atau menjadi sumber bagi anggota yang mungkin suatu saat membutuhkan lagi, atau bagi member yang baru gabung.
9.      Agar grup lebih hidup, buatlah acara untuk belajar kelompok secara real, sehingga silaturahmi nyata pun juga terbentuk.
C.     Kelebihan Grup Belajar di Facebook
Grup Belajar di Facebook memiliki kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Kita dapat belajar kapanpun dan dimanapun.
2.      Grup belajar ini bisa beranggotakan pelajar-pelajar seluruh Indonesia, bahkan pelajar-pelajar di seluruh dunia, sehingga peningkatan kemampuan berbahasa inggris juga harus ditingkatkan.
3.      Persoalan-persoalan yang sudah diposkan dan dibahas bisa menjadi sumber pengetahuan sewaktu-waktu.
4.      Dapat mengalihkan waktu kita untuk lebih banyak dalam belajar daripada bermain-main di aplikasi games.
5.      Sarana bimbel online guru atau dosen pada siswa/mahasiswanya.
6.      Kuliah pagi, siang, sore ataupun malam bisa terjadi di grup ini.
7.      Suatu saat bisa sebagai ladang bisnis juga bagi guru dan dosen untuk membuka bimbel online, yang dengan mudah mengubah privasi grup menjadi tertutup atau rahasia, dan pembayaran uang bimbelnya bisa melalui transfer antar bank ataupun melalui paypal.