Pantai Teleng Ria, Pesona Dibalik Pegunungan Seribu

Dibalik pegunung karst (batu kapur) di sebelah selatan Pulau Jawa ternyata memiliki banyak pantai yang sangat indah. Salah satunya adalah Pantai Teleng Ria yang terletak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini benar-benar dibalik pegunungan, karena ketika anda datang melalui Jalan Raya Solo-Pacitan pertama-tama anda akan jalan naik tanjakan terus, lalu anda akan menuruni jalanan yang berkelok-kelok. Dan dari atas gunung pantai ini sudah terlihat menarik, membuat anda untuk segera sampai di tempat dan menikmati kesejukannya. 

 
Memang perjalanan menuju ke sana harus melewati jalan yang berkelok-kelok menembus pegunungan seribu, namun kepuasan akan terbayar setelah sampai di Pantai Teleng Ria ini. Anda akan disuguhi panorama pantai dengan pasir putih yang indah. Pantai ini sebenarnya seperti teluk kecil karena bentuknya yang sedikit menjorok ke daratan dengan diapit di kanan dan kirinya bukit-bukit kapur. Pantai dengan pasir putihnya, dan ombak yang tidak begitu besar ini sangat cocok untuk surfing. Ada tempat penyewaan papan selancar di sana, jika anda tertarik untuk berselancar atau sekedar belajar berselancar. Ombaknya yang tidak begitu besar juga membuat anda lebih aman jika anda ingin berenang.

Di sebelah barat anda akan melihat pelabuhan kecil tempat nelayan menepi. Di sana juga ada tempat pelelangan ikan. Inilah yang akan membuat perjalanan anda di pantai ini agak berbeda.
Banyak pengunjung yang datang ke pantai ini, tidak hanya wisatawan dari dalam negeri tetapi juga mancanegara. Apalagi jika hari libur, pantai ini sangat ramai pengunjung. Untuk keamanan, anda tidak perlu khawatir karena disana selalu dijaga oleh petugas penjaga pantai yang selalu menjaga dan siap menolong jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Di sana juga terdapat sebuah life guard tower tempat penjaga pantai mengawasi dan memastikan keselamatan para pengunjung.