Membuat CV ATS Friendly

5 Hal yang Harus Dihindari saat Membuat CV ATS Friendly

Akhir-akhir ini membuat CV tidak bisa sembarangan, kamu tidak bisa membuat CV dengan asal, apalagi asal bagus dan menarik. Zaman now, membuat CV itu harus ATS friendly.

Sering sekali tim redaksi Ayobukasaja.com melihat di LinkedIn, para jobseeker membuat CV sangat indah, padahal belum tentu CV yang indah dan bagus formatnya membuat kamu diterima kerja loh gengs.

Nah, buat gengs Ayobukasaja harus hati-hati ya, membuat CV dengan format yang salah bisa membuat kamu tidak lolos seleksi masuk kerja. Seperti sudah disebut di atas, CV yang baik itu adalah CV yang ATS Friendly.

Menurut Ngoolie.id, CV ATS Friendly adalah CV dengan format khusus yang mudah dibaca oleh ATS (Applicant Tracking System) sehingga kemungkinan lolos screening awal semakin besar.

ATS itu sebuah software ya gengs, dimana cara kerjanya adalah membaca dokumen CV kita secara otomatis dengan mencari kata kunci yang telah ditentukan dan hasil keluarannya berupa skor. Semakin bagus skor CV kamu maka semakin besar peluang kamu untuk lolos.

Pada artikel ini, Ayobukasaja.com akan membahas tentang 5 hal yang harus dihindari saat membuat CV ATS Friendly.

  • Hindari menggunakan foto atau gambar dalam membuat CV ATS Friendly

Ya, foto atau gambar sangat sulit dibaca oleh komputer ya gengs. So sebisa mungkin hindari membuat CV menggunakan foto atau gambar jika CV kamu ingin ATS friendly.

Ditambah lagi software ATS tidak akan membaca foto ya gengs, jadi tidak perlu khawatir saat mengirim CV yang tidak ada fotonya sama sekali.

  • Hindari menggunakan tabel dalam CV ATS

Sama halnya dengan foto, tabel juga sangat susah dibaca oleh software ATS ya gengs. So, lebih baik kamu hindari penggunaan tabel atau kolom-kolom.

Lebih baik kamu buat dalam bentuk bullet and numbering saja. Selain secara tampilan lebih sederhana dan menarik, bullet and numbering juga lebih mudah terbaca oleh software ATS.

  • Hindari warna-warna yang mencolok dan warna-warni

Jika kamu berpikir bahwa CV yang menarik adalah CV yang memiliki warna-warna menarik, maka kamu salah besar ya gengs. CV yang ATS friendly justru sebaliknya, cukup dua warna saja hitam dan putih, dimana warna latar putih dan tulisan hitam.

  • Hindari penggunaan font yang susah terbaca

Membuat CV yang ATS friendly juga tidak bisa sembarangan menggunakan font. Meskipun menurut kamu dengan menggunakan font tertentu jauh lebih indah dan menarik, hal ini bisa berakibat fatal ya gengs.

Menurut Ngoolie.id dalam artikel “CV ATS Friendly Pakai Font Apa?” , gunakan font-font ini jika ingin CV-mu bisa terbaca oleh software ATS: Times New Roman, Calibri, Helvetica, Garamond.

  • Hindari menggunakan kata atau istilah dalam bahasa selain bahasa Inggris

Mengingat software-software ATS yang ada saat ini berasal dari luar negeri dengan dukungan bahasa Inggris, alangkah baiknya jika kamu membuat CV dalam bahasa Inggris ya gengs. Pasalnya, kalau kamu menggunakan bahasa Indonesia dalam membuat CV, dikhawatirkan malah tidak ATS Friendly.

Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman, tentu software ATS juga akan semakin maju gengs. Bisa jadi, di tahun-tahun mendatang sudah support bahasa Indonesia.

Itulah 5 hal yang harus kamu hindari dalam membuat CV ATS friendly ya gengs. Semoga dengan membaca artikel ini, kamu bisa membuat CV yang ramah ATS.

Selamat mencoba dan terima kasih sudah membaca.