iklan di tiktok

TikTok, dari Musical.ly Hingga TikTok Shop

Kemunculan TikTok telah mengubah masa depan media sosial. Bagaimana tidak, TikTok yang semula bernama musical.ly sebuah media sosial untuk lip-sync, kini telah menjadi media bisnis dengan TikTok Shop-nya.

Bisa dibilang, TikTok telah mengubah perilaku manusia dalam bermedia sosial.

Dulu media sosial hanya digunakan untuk komunikasi dengan orang-orang yang jaraknya jauh, lalu menjadi tempat sharing dan diskusi segala hal.

Namun, TikTok hadir dengan menawarkan layanan yang berbeda. TikTok memberikan wadah para kreator untuk berkreasi dan berinovasi dengan konten video yang berdurasi singkat.

Awal kemunculannya di Indonesia, TikTok seperti disepelekan. Bahkan dulu ada fenomena “Bowo TikTok”, banyak orang mencibirnya.

Kini semua orang berbondong-bondong menggunakan TikTok.

Apa-apa sekarang acuannya viral di TikTok, for your page atau FYP. TikTok seperti sebuah magnet besar yang menarik bagi orang-orang yang suka menikmati kreativitas tanpa batas.

Yang menarik adalah dulu aplikasi ini kebanyakan isinya hanya orang joget-joget, namun kini telah menjadi media sharing ilmu, pengalaman, dan lain-lain. Anda dapat mencari konten pendidikan, masak, memancing, tutorial make up, dan lain-lain.

Bahkan orang bisa belanja langsung di TikTok dengan adanya fitur TikTok Shop.

Jika anda pemilik bisnis jualan online, anda juga bisa menjadi TikTok Seller. Sama seperti ketika anda jualan di Shopee atau Tokopedia, melalui TikTok anda juga bisa buka toko online. Untuk jualan online di TikTok anda harus daftar terlebih dahulu di TikTok Seller Center.

Jika anda pebisnis yang ingin mengiklankan produk anda melalui video kreatif di TikTok, anda juga dapat melakukannya dengan membuat iklan berbayar di TikTok. Untuk mengiklankan produk anda di TikTok, anda perlu registrasi terlebih dahulu melalui TikTok for Business atau TikTok Ads.

Bahkan di TikTok juga ada fitur TikTok Affiliate, yang memungkinkan anda menghasilkan uang dengan bergabung pada fitur tersebut.

TikTok benar-benar telah mengubah wajah media sosial. Kini media sosial lain banyak yang meniru TikTok.